Saat anda membutuhkan dana cepat untuk keperluan mendesak, melakukan pinjaman kredit BPKB di Pegadaian bisa menjadi solusi keuangan anda. Mengapa harus di Pegadaian? Karena Pegadaian merupakan lembaga pegadaian resmi miliki pemerintah yang diawasi oleh OJK. Persyataran yang diberikan dalam melakukan pinjaman kredit BPKB juga tidak sulit, semua orang pasti bisa mendapatkan dana cepat di Pegadaian.

Proses penggadaikan barang di Pegadaian juga tidak membutuhkan waktu lama. Hanya dalam waktu kurang lebih 15 menit dana yang anda butuhkan sudah cair. Keamanan barang jaminan anda sudah tidak perlu dikhawatirkan, karena Pegadaian memberikan asuransi untuk barang jaminan anda. Kalau pun terjadi kerusakan pada barang jaminan anda, pihak Pegadaian akan menggantinya.

Jenis Produk Pembiayaan di Pegadaian Dengan Kredit BPKB

Sekiranya ada 4 jenis produk pembiayaan di Pegadaian yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Masing-masing produk memiliki fungsi dan sasaran yang berbeda. Berikut penjelasan untuk tiap-tiap produk:

1. Kredit Cepat Aman (KCA)

KCA merupakan produk pinjaman yang memiliki prosedur pelayanan yang mudah, aman dan cepat. Sistem KCA bisa diikuti semua orang untuk pemenuhan kebutuhan konsumtif maupun produktif. Ada pun ketentuan dalam KCA adalah sebagai berikut; (1) Menyerahkan motor beserta surat-surat aslinya (BPKB dan STNK), (2) besarnya pinjaman antara Rp 50.000 sampai Rp 200.000.000, (3) tenor pinjaman selama 4 bulan, (4) dapat diperpanjang dengan mengangsur sebagian pinjaman atau membayar biaya sewa sebesar 1,15% per 15 hari, (5) pinjaman diterima dalam bentuk tunai.

2. Pinjaman KREASI

pinjaman kreasi dengan kredit BPKB

Produk pinjaman KREASI merupakan penjaminan Fidusia yang dikhususkan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya. Dengan adanya jaminan Fidusia, yang dijadikan sebagai jaminan hanyalah BPKB saja sedangkan kendaraannya masih bisa anda gunakan untuk keperluan usaha.

Produk KREASI ini merupakan modifikasi dari produk lama yang dulu dikenal sebagai Kredit Kelayakan Usaha Pegadaian. Ada pun persyaratan yang harus anda penuhi untuk mendapatkan pinjaman KREASI adalah sebagai berikut; (1) Usaha telah berjalan minimal 1 tahun dan memenuhi kriteria kelayakan yang telah ditetapkan Pegadaian, (2) Menyerahkan fotokopi KTP dan KK, (3) Menyerahkan BPKB asli dan fotokopi STNK kendaraan.

Keunggulan dari produk KREASI adalah pinjaman yang diberikan cukup besar, yaitu antara Rp 3.000.000 sampai Rp 200.000.000, bunga pinjaman merupakan bunga flat sebesar 1% per bulan. Tenor kredit yang diberikan juga fleksible, anda bisa memilih sesuai dengan kemampuan anda yaitu selama 12, 18, 24 atau 36 bulan.

3. RAHN

RAHN merupakan produk pegadaian yang disesuikan dengan prinsip syariah namun mengancu pada sistem administrasi modern. Sistem peminjaman tidak jauh beda dengan produk gadai KCA tetapi perbedaannya terdapat dalam proses penetapan sewa modal. Administrasi dibayar di muka yang besarnya dimulai dari Rp 2.000 sampai Rp 100.000 sesuai dengan besar uang pinjaman. Untuk jumlah maksimal pinjaman adalah sebesar Rp 200.000.000. Dalam RAHN tidak dikenakan bunga, tapi anda dikenakan ijaroh atau biaya penitipan yaitu sebesar Rp 80.000 – Rp 90.000 per 10 hari sesuai dengan taksiran barang yang anda jadikan jaminan.

4. ARRUM

ARRUM (ArRAHN Untuk Usaha Mikro) juga merupakan produk dari Pegadaian Syariah yang memiliki sasaran pelaku usaha mikro dan kecil guna mengembangkan usaha yang mereka miliki. Sistem peminjamannya hampir sama dengan pinjaman KREASI yaitu dengan menggunakan jaminan Fidusia dimana hanya BPKB motor atau mobil saja yang disimpan oleh pihak Pegadaian.

LEAVE A REPLY