Apa yang terfikirkan oleh anda saat mendengar kata “investasi”? Tentunya pikiran anda langsung tertuju kepada jumlah uang yang banyak dan hanya pengusaha-pengusaha kaya yang dapat melakukannya. Investasi memang sangat identik dengan modal besar untuk meraup keuntungan yang lebih besar lagi, namun dewasa ini semua orang punya kesempatan untuk menjadi Investor, karena ada banyak jenis investasi usaha dengan beragam program yang ditawarkan untuk semua kalangan masyarakat. Jadi, yang kita butuhkan hanyalah menemukan jenis investasi yang sesuai dengan kapabilitas kita.

Jenis Investasi Usaha

Anda tentu sering mendengar Jenis investasi saham. Mungkin anda beranggapan bahwa jenis investasi ini hanya bisa diambil oleh pengusaha-pengusaha kaya yang banyak uang. Faktanya, dengan berbekal uang 3-4 Juta, anda dapat membuka rekening di broker saham dan ikut berinvestasi. Saat ini, ada banyak pihak broker online yang menawarkan berbagai produk saham yang menguntungkan, anda hanya perlu jeli dalam memilih broker mana yang terpercaya dan akan cepat naik harga. Anda pun bisa melakukan trading, yaitu melakukan jualbeli saham secara aktif.

Mungkin jenis investasi usaha dalam bentuk obligasi masih asing di telinga anda. Obligasi adalah sebuah sertifikat hutang yang anda dapat beli dengan membayarkan sejumlah uang pada pihak terkait, baik perusahaan swasta maupun pemerintah. Contoh sederhananya adalah, jika sebuah Negara membutuhkan dana untuk membangun infrastruktur, Pihak Pemerintah akan menjual obligasi untuk mengumpulkan dana tersebut.

Keuntungan dalam melakukan investasi pada obligasi ini adalah, anda akan mendapatkan bunga dari hutang tersebut selama masa investasi berlangsung. Anda pun dapat dengan mudah menemukan obligasi yang cocok karena banyak obligasi yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Jenis investasi ini sangatlah aman untuk dilakukan, terutama obligasi yang dikeluarkan dari Pemerintah, dan investasi ini dirancang untuk jangka panjang.

jenis investasi usaha

Selain kedua jenis investasi diatas, ada juga investasi yang sekaligus menjadi saluran hobi anda, yaitu mengumpulkan barang koleksi yang bernilai tinggi. Barang-barang yang biasa dijadikan koleksi adalah perangko, barang-barang antik, atau benda limited edition. Keuntungan dari jenis investasi ini adalah, semakin langka barang tersebut, harganya akan semakin naik. Contoh paling konkrit dari jenis investasi ini adalah, untuk anda yang mengkoleksi mobil-mobilan Tamiya yang sangat populer pada tahun 2000-an, harga mobil Tamiya pada saat itu hanya berkisar seharga 35 ribu sampai 50 ribu saja. Namun sekarang jika anda mencari mainan tersebut, harga termurah yang anda dapat temukan berkisar dari 500-700 ribu, karena barangnya sudah tidak diproduksi secara masal lagi. Sudah naik hingga 10 kali lipatnya, betul?

Banyak keuntungan yang kita bisa rasakan saat kita menggunakan tabungan kita sebagai modal berinvestasi, ketimbang mendiamkannya pada brankas bank. Meskipun uang yang kita investasikan tidak bisa kita pakai dalam jangka waktu tertentu, uang tersebut akan berputar dan suatu saat pasti akan menghasilkan keuntungan bagi kita. Karena itu, anda tidak perlu ragu untuk mulai mencari jenis investasi usaha yang cocok bagi anda. demikianlah informasi tentang cara investasi yang baik dan aman, semoga informasi diatas memantik semangat anda untuk mulai berinvestasi.

LEAVE A REPLY