Banyak orang memimpikan untuk dapat memiliki usaha sendiri. Namun, terkadang keterbatasan dana membuat mereka mengurungkan niat mereka dan memilih untuk menyerah saja. Padahal, modal kecil saat ini bukanlah sebuah halangan dalam mewujudkan impian anda untuk berwiraswasta. Yang harus anda miliki adalah Ide bisnis yang cemerlang dan juga rencana yang matang dalam bisnis tersebut, karena sebenarnya ada banyak sekali peluang bisnis yang termasuk jenis usaha modal kecil, atau bahkan tanpa modal sama sekali.

Jika anda memperhatikan dengan seksama di sekeliling anda, anda akan menemukan berbagai kesempatan yang dapat menambah pundi-pundi uang anda. Khawatir akan keterbatasan modal bukanlah menjadi masalah saat ini karena banyak usaha yang dirintis cukup dengan bermodalkan semangat dan kedisiplinan saja, dan salah satunya adalah membuka toko online yang berbasis internet.

Saat anda memutuskan untuk terjun dalam dunia jual-beli online, anda tidak memerlukan dana apapun untuk memiliki “lapak” jualan, yang anda butuhkan hanyalah sebuah akun sosial media dan kuota internet sehingga anda terus terhubung ke dunia maya. Dengan begtu, anda dapat mengirit uang anda. karena tidak membutuhkan budget untuk menyewa tempat.

Fenomena belanja di dunia maya saat ini sudah menjadi magnet kuat yang menarik berbagai macam bisnis untuk mencoba peruntungan dalam menjual produknya disana. Hal ini adalah kesempatan emas untuk anda, karena saat ini ada usaha yang dikenal dengan nama dropshipper atau reseller.

Jenis Usaha Modal Kecil Dengan Menjadi Dropshipper

Menjadi dropshipper sebuah toko sama halnya dengan menjadi distributor, bedanya adalah kita tidak perlu membeli produk tersebut terlebih dahulu. Karena kemudahan promosi di dunia maya yang hanya memerlukan gambar sebagai objek penjualan, anda hanya perlu memposting gambar produk pada akun anda dan menarik banyak orang untuk melihat barang jualan tersebut.

inilah jenis usaha modal kecil

Dengan bermodalkan gadget dan kuota, anda dapat memiliki sebuah “toko” berbasis internet. Anda pun tentunya bisa menjual barang-barang handmade anda sendiri apabila tidak ingin menjadi dropshipper. Namun modal yang anda keluarkan tentunya lebih besar. Namun, keuntungannya adalah, barang dagangan anda terkesan unik dan otentik karena tidak dijajakan di online shop lainnya.

Untuk anda yang ingin mencoba peruntungan dengan memiliki bisnis bermodal kecil di dunia nyata, anda pun bisa mempertimbangkan untuk mengambil francise dari kios-kios dagang rakyat yang cukup terkenal. Banyak sekali produk makanan dan minuman yang saat ini sedang “Hits” di tengah-tengah masyarakat, misalnya saja donat madu, cappuchino cingcau, sosis bakar, dan camilan-camilan lainnya.

Modal yang anda keluarkan untuk tergabung dalam francise-francise seperti ini berkisar antara 3 sampai 10 juta rupiah. Memang jika dibandingkan dengan membuka brand sendiri, membeli francise akan terasa lebih mahal, namun karena nama yang dijual sudah banyak dikenal orang, pendapatan anda akan terus meningkat. Itulah sebabnya pihak francise dengan sengaja “menjual” nama mereka untuk membuat orang bergabung di bisnis mereka.

Banyak hal yang anda dapat lakukan untuk berwirausaha, dan contoh-contoh bisnis yang termasuk kedalam jenis usaha modal kecil diatas dapat menjadi referensi untuk anda yang mempunyai keterbatasan dana tapi ingin memiliki sebuah usaha sendiri. Semoga informasi diatas dapat menyuntikkan semangat dan insprirasi untuk terus mewujudkan impian anda memiliki usaha sendiri.

LEAVE A REPLY